Tuesday, May 24, 2016

Ini Wajah Terbaru Proyek Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta

Michael Agustinus -
Ini Wajah Terbaru Proyek Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta  

Jakarta -Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang akan segera memiliki terminal baru, yaitu Terminal 3 Ultimate. Terminal sepanjang 2,4 kilometer (km) dengan luas 43.000 m2 ini akan menjadi terminal terbesar di Bandara Soetta. 

Seperti apa penampakannya?


Dirut AP 2 Mengecek Proyek Terminal 3 Ultimate (Michael/Detik)


Saat ini bentuk fisik bangunan sudah mulai terlihat. Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta didominasi oleh warna abu-abu. Tiang-tiangnya berbentuk persegi, tidak bulat seperti Terminal 1 dan 2. Terdapat jalan layang seperti di Terminal 2.


Jalan Layang di Depan Terminal 3 Ultimate


Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II), Budi Karya Sumadi, mengungkapkan bahwa warna abu-abu dipilih karena netral, sedap dipandang mata, serta bisa dikombinasikan dengan berbagai warna, dan tentunya mudah dibersihkan.

"Abu-abu warna netral. Perawatannya juga mudah. Untuk pemandangan relatif bisa ditolerir, bisa dikombinasi dengan berbagai warna. Untuk bangunan juga favorit,"


Finishing area penurunan penumpang


Ruang tunggu di dalamnya tidak tertutup oleh dinding, melainkan oleh kaca berwarna biru sehingga sinar matahari bisa masuk ketika siang hari.

Meski bergaya modern, Terminal 3 Ultimate tidak akan melupakan kearifan lokal Indonesia. Berbagai aksesoris, hiasan, patung dari berbagai daerah di Indonesia bakal menghiasi ruangan di Terminal 3 Ultimate.


Area dalam Terminal 3 Ultimate


Lagu-lagu dan tari-tarian daerah juga akan dipertunjukkan kepada para pengunjung bandara yang berasal dari berbagai negara. Dengan begitu, budaya Indonesia menjadi lebih dikenal oleh dunia luar. Seperti diketahui, Terminal 3 Ultimate saat beroperasi di Juni 2016 akan fokus melayani penerbangan internasional. Khusus layanan penerbangan domestik, hanya maskapai Garuda Indonesia yang beroperasi di Terminal 3 Ultimate.


Pekerja mempersiapkan operasional Terminal 3 Ultimate


"Bangunannya modern, tapi pada dasarnya cerminan dari Indonesia. Kita memanfaatkan potensi kearifan lokal, itu competitiveness kita,

No comments:

Post a Comment